Pemkab OI Bidik PBB Jalan Tol

PBB JALAN TOL: Sekda OI, H. Herman, S.H.M.M saat menyampaikan sambutan Bupati OI pada rapat paripurna ketiga tahun sidang 2018, rabu (28/03).
(Foto: Goni)
Peluang Tingkatkan PAD dari Sektor PBB

Indralaya Radio - Tiga dari enam peraturan daerah (Perda) yang sudah disahkan DPRD Kabupaten Ogan Ilir pada rapat paripurna ketiga tahun sidang 2018 yakni Perda tentang perubahan perdo no 15 tahun 2010 tentang pajak daerah, Perda tentang perubahan atas perda no 19 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum, dan perda tentang perubahan perda no 20 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha.

Dengan disahkannya perda tentang pajak daerah dan retribusi ini, maka membuka ruang bagi pemerintah kabupaten Ogan Ilir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), sehingga meningkat juga APBD Ogan Ilir.

Termasuk juga nantinya pemkab OI, akan membidik pajak bumi dan bangunan (PBB) jalan Tol. Yang diharapkan nantinya dapat menambah PAD guna meningkatkan APBD Ogan Ilir.

Sekda Ogan Ilir, H. Herman, S.H,M.M usai rapat paripurna, rabu (28/03), mengatakan bahwa peluang untuk menarik pajak PBB jalan Tol ada, karena di Ogan Ilir terdapat jalan Tol Palindra, yang mana pengelola jalan mempunyai kewajiban membayar PBB ketika Tol tersebut beroperasi.

"Jelas ada PBB-nya ketika Tol itu beroperasi, jadi ada peluang untuk meningkatkan PAD dari PBB jalan Tol, dan PBB itu kita tarik setiap tahun, nanti Kita akan mintak tim teknis, tim teknis dari pajak provinsi untuk memberikan pelatihan bagaimana menghitung pajak yang nantinya harus mereka bayar," pungkasnya. (Goni)
Tags: ,