Pemkab OI Himbau Masyarakat Untuk Menjaga Kerukunan Umat Beragama

Audiensi FKPT Sumsel di Ruang Rapat Bupati Ogan Ilir, Selasa (13/03)
FKPT Sumsel melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka Aundiensi untuk mensosialisasikan keberadaan FKPT. Kegiatan FKPT sumsel selama beberapa tahun lalu masih terfokus pada Kota Palembang, namun mulai 2018 ini FKPT sumsel memperluas kegiatannya sehingga menyentuh 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan. Untuk di Kabupaten Ogan Ilir, sosialisasi pencegahan terorisme akan dilkasanakan pada bulan april mendatang dengan sasaran seluruh Kepala Desa/Lurah di Bumi Caram Seguguk.
 
Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) adalah merupakan bagian dari Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT). Selain terus mensosialisasikan keberadaan fungsi dan tanggung jawab, FKPT juga dapat melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta. Sasaran program pada 2018 ini lebih kepada stekholder tingkat bawah terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan lurah. Untuk pemuda, menyasar Pramuka dan untuk bidang agama yaitu penyuluh agama.

Dalam pertemuan di Ruang Rapat Bupati, Sekda Ogan Ilir menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir sangat mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh FKPT dalam mensosialisasikan pencegahan terorisme bagi masyarakat Bumi Caram Seguguk. Sehubungan tentang terorisme, Sekda Ogan Ilir menyampaikan kepada FKPT bahwa kejadian di Desa Mekarsari beberapa waktu yang lalu itu tidak ada unsur SARA, pengrusakan rumah ibadah tersebut merupakan tindakan kriminal yang masih dalam proses pengejaran pelaku.

Saat ditemui Team Dang Kulu Kilo, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumatera Selatan Dr.Feriansyah mengatakan dari hasil penelitian bahwa BNPT/FKPT itu kurang dikenal masyarakat di daerah, oleh karena itu Kepala BNPT memutuskan untuk mensosialisasikan program kerja dan kegiatan FKPT di Kabupaten/Kota khususnya di Sumatera Selatan.

"Jadi pada tahun ini, hampir semua kegiatan kita itu di Kabupaten/Kota. Kegiatan kita pada tahun ini ada dua kegiatan di Kabupaten Ogan Ilir, lalu nani ada di Musi Banyuasin dan di Lubuk Linggau" Tuturnya.

Sementara itu Sekda Ogan Ilir H.Herman,S.H menyampaikan rasa terimakasihnya kepada FKPT Sumsel karena telah menunjuk Kabupaten Ogan Ilir menjadi salah satu tempat dari kegiatan dalam pencegahan terorisme. Kegiatan FKPT ini akan melibatkan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Ogan Ilir, Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Bumi Cara Seguguk.

"Tentu dengan adanya kegiatan ini kita menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan bahkan diharapkan untuk memperekat rasa persatuan dan kesatuan" Tutupnya. (Mi'at)


Tags: ,