PPS Harus Memberikan Pendidikan Pemilu ke Masyarakat

UCAPAN SELAMAT: Bupati OI, HM. Ilyas Panji Alam (baju putih) dan ketua KPUD, Annahrir, S.Ag,M.Si beserta pejabat lainnya saat memberikan ucapan selamat kepada PPS yang baru dilantik. (Foto: Goni)
723 PPS Untuk Pemilu 2019 Dilantik

Indralaya Radio - Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Ogan Ilir resmi dilantik. Mereka nantinya akan bertugas dalam pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

723 PPS yang akan bertugas di 241 desa dan kelurahan di Bumi Caram Seguguk dilantik langsung oleh ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ogan Ilir, Annahrir, S.Ag,M.Si, yang disaksikan oleh Bupati OI, H. M. Ilyas Panji Alam, Kapolres OI, yang diwakili oleh Kabagops Kompol Erlangga, Perwira penghubung Kodim 0402/OKI-OI,Mayor Ikra W, komisoner KPUD OI, serta PPK se Ogan Ilir.

Usai melantik, Annahrir, S.Ag,M.Si berpesan kepada PPS untuk melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, dengan menjaga kemandirian selaku penyelenggara pemilu, serta menjalankan tugas dan kewenangan sesuai dengan aturan.

"Kita selaku penyelenggara pemilu bebas dari interpensi pihak manapun, sebagai PPS harus profesional dan memahami tahapan pemilu, jangan sampai PPS tidak dapat memberi pengertian dan pendidikan seputar pemiku ke masyarakat," kata Annahrir dalam sambutannya.

Sebagai seorang PPS, lanjut Annahrir, juga harus mempunyai integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas, dan harus berkonsolidasi dengan masyarakat.

"Pemimpin yang berintegritas lahir dari pemilu yang berintegritas, dan pemilu yang berintegritas tercipta dari penyelenggara pemilu yang berintegritas, jadi patut berbangga kita sebagai penyelenggara pemilu, dan sebagai PPS harus juga berkonsolidasi dengan Kades, perangkat desa, dan masyarakat," kata Annahrir.

Bupati Ogan Ilir, H. M. Ilyas Panji Alam menyampaikan pesan kepada PPS yang baru dilantik untuk meningkatkan koordinasi di desa, menjelaskan pendidikan dan aturan tentang pemilu ke masyarakat, serta menyarankan ke masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik untuk membuat KTP, agar dapat memberikan hak konstisutinya dalam pemilu," harap Bupati. (Goni)
Tags: ,