Tingkatkan Integritas, 85 Persen SMA di Ogan Ilir Siap Hadapi UNBK

SIAP UN: Ketua MKKS SMA se Ogan Ilir, Drs. Thohir Hamidi,M.Si. (Foto: Goni)
4 SMA Terkendala Fasilitas

Indralaya Radio - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sudah semakin dekat, Pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI mengupayakan agar SMA mengadakan UN berbasis Komputer (UNBK) guna meningkatkan lulusan yang mempunyai integritas dan hasil yang baik.

Namun, bagi yang belum bisa menyelenggarakan UNBK, pemerintah masih menyelenggarakan UN Kertas dan Pensil (UNKP), karena memang UNBK memerlukan fasilitas yang memadai, semisal komputer, jaringan internet, dan fasilitas pendukung lainnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se Ogan Ilir, Drs. Thohir Hamidi, M.Si mengatakan bahwa ujian nasional tingkat SMA di Ogan Ilir tahun ini sudah 85 persen SMA mengikuti UNBK, dari total 32 SMA Negeri dan Swasta, sudah 28 sekolah yang melaksanakan UNBK, 4 sisanya SMA swasta yang belum melaksanakan UNBK tahun ini.

"Perserta UN SMA di Ogan Ilir seluruhnya 2685 dari 32 SMA, kalau untuk UNBK diikuti 2573 peserta dari 28 SMA, sisanya 112 peserta mengikuti UNKP," kata Thohir Hamidi.

Empat SMA, lanjut Thohir, belum bisa melaksanakan UNBK tahun ini karena keterbatasan fasilitas untuk melaksanakan UNBK itu sendiri, dan dijadwalkan sekolah yang melaksanak UNBK pada 12 maret nanti akan mengikuti simulasi dan sinkronisasi terakhir dari tiga kali simulasi yang digelar Kemendikbud.

"Pihak Dinas provinsi selama ini memang sudah mensupport untuk jalannya UNBK yang dihadapi nantinya, mudah-mudahan dengan pelaksanaan UNBK ini, tingkat integritas siswa dalam mengerjakan UNBK semakin tinggi," tutup Thohir Hamidi. (Goni)
Tags: ,