Verifikasi Selesai, 300 Pasangan Siap Disidang

DISDUKCAPIL: Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ogan Ilir, Akhmad Lutfi,S.Sos,M.Si. (Foto: Goni)
Disdukcapil Kirimkan Berkas ke PA Kayuagung

Indralaya Radio - Program Istbat nikah yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Ilir, sedang berjalan.


Program tersebut melibatkan pasangan yang telah menikah secara sah menurut agama, namun belum memiliki buku nikah, sehingga nantinya mengikuti sidang istbat yang digelar oleh Pengadilan Agama (PA) Kayuagung, yang difasilitasi oleh Disdukcapil OI.


Kepala Disdukcapil OI, Akhmad Lutfi, S.Sos,M.Si, rabu, (07/03) mengatakan, sekretariat pendaftaran istbat nikah telah meneriman pendaftar sebangak 741 pasang, namun, yang akan mengikuti sidang ditahun 2018 ini 300 pasang.


"Alhamdulillah, masyarakat OI begitu antusias, hingga pendaftar telah sampai sebanyak itu, namun pendaftar tidak kita batasi, sesuai instruksi bapak Bupati sampai semua warga OI, yang sah secara agama, mendapatkan buku nikah," kata Lutfi.


Pendaftar yang sudah masuk,lanjut Lutfi, ke sekretariat nantinya syarat-syaray yang ada diverifikasi, kemudian siap untuk mengikuti sidang.


"Kami sudah verifikasi 300 pasang untuk sidang bulan april nanti, dan hari ini (07/03) berkas dari 300 pendaftar tersebut kita kirim ke pengadilan agama Kayuagung, OKI, sisanya akan kita anggarkan di APBD-Perubahan atau di APBD 2019," lanjut Lutfi.


Pihaknya berharap, lanjutnya, pendaftar yang sudah terdata selain 300 pasang nantinya dikirim ke PA Kayuagung untuk bersabar, karena akan diverifikasi.


"Tahun depan mungkin akan kita anggarkan lebih banyak kisaran 500 mungkin sampai 1000 pasang, karena melihat antusias warga yang sadar untuk melengkapi administrasi kependudukan dan ini gratis," tutup Lutfi.
(Goni)
Tags: ,