Akhmad Lutfi : Kita Berencana Menganggarkan 1000 Pasang di Tahun 2019

REGISTRASI : Salah satu pasangan yang akan melakukan sidang istbat nikah sedang melakukan registrasi atau daftar ulang untuk mengikuti sidang istbat diminggu kedua yang digelar Disdukcapil OI, Jum'at (13/4), yang diikuti 100 pasang. (Foto : Goni)
Setelah Sidang Istbat Pertama, Pendaftar Lebih 900 Pasang

Indralaya Radio - Setelah sebelumnya, Jum'at, 6 April 2018 sudah diadakan sidang istbat untuk 100 pasang. Kembali, Jum'at 13 April 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Ilir yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama (PA) Kayuagung, dan Kantor Kementrian Agama Ogan Ilir.

Dari 100 pasang yang mengikuti sidang istbat nikah di Jum'at lalu, hanya 95 pasang yang mendapat buku nikah, lima pasang sisanya belum diputuskan hakim karena kurang syarat dan istrinya belum bisa dihadirkan karena berada diluar negeri.

"Sidang istbat di minggu kedua ini, akan diikuti 100 pasang yang mana peserta kali ini berasal dari 11 kecamatan," kata Akhmad Lutfi, S.Sos,M.Si kepala Dinas Dukcapil OI, di gedung serbaguna caram seguguk.

Pada sidang lalu, lanjut Lutfi, memang ada pasangan yang belum mendapat buku nikah, namun apakah bisa mengikuti sidang isbat di minggu kedua atau minggu kedua nantinya, pihaknya menyerahkan keputusan tersebut kepada PA Kayuagung.

"Setelah kita laksanakan 6 april kemaren, masyarakat tau dan percaya tentang program istbat nikah ini, terbukti hingga sekarang sudah lebih dari 900 pasang yang mendaftar, dan ini tentu akan kita laksanakan pada anggaran tahun 2019," katanya.

Dirinya mengajak, bagi yang belum memiliki buku nikah, namun telah menikah sah secara agama, maka disarankan untuk mengikuti program istbat nikah ini. Dan segala biaya yang ada di tanggung oleh Pemkab OI, atau gratis.

"Kita terus berkoordinasi baik dengan PA Kayuangung dan Kantor Kemenag OI untuk kelancaran jalannya program istbat nikah ini, dan Kami dari Disdukcapil merencanakan untuk mengganggarkan 1000 pasang di tahun 2019 mendatang, namun kami akan terus meminta arahan dari bapak Bupati berapa realisasinya nanti," jelas Lutfi. (Goni)
Tags: ,