Kerjasama Tiga Instansi, Disdukcapil OI Gelar Sidang Istbat Nikah

ISTBAT NIKAH : Bupati OI, H. M. Ilyas Panji Alam saat menyerahkan buku nikah, Souvenir dan uang transport kepada perwakilan peserta istbat, didampingi oleh Kadisdukcapil OI, Akhmad Lutfi, (batik merah) dan ketua Pengadilan Agama Kayuagung, Drs Ikhsan, (paling kiri). (Foto : Goni)
Peserta Dapat Buku Nikah, Souvenir, dan Uang Transport

Indralaya Radio - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, melalui Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Ogan Ilir (OI), yang bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Ogan Ilir, dan Pengadilan Agama (PA) Kayuagung menggelar sidang istbat terpadu. 


Sidang istbat diselenggarakan di gedung serbaguna Pemda lama, Indralaya Ogan Ilir, Jum'at (06/04). Yang mana sidang istbat ditahun 2018 ini di selenggarakan pada 6, 13, dan 20 april yang 2018, yang ikuti sebanyak 300 pasang.

Warga yang sudah menikah sah secara agama, namun tidak memiliki buku nikah ini sudah datang sejak pagi, dengan membawa masing-masing dua orang saksi.

Yang juga sebelumnya sudah diverifikasi persyaratan mereka guna mengikuti sidang tersebut. Dan pada sidang istbat tanggal 6 april 2018 diikuti oleh 100 pasang, dari kecamatan pemulutan 89 pasang, dan 11 dari kecamatan Indralaya Utara.

Bupati Ogan Ilit, H. M. Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa dengan digelarnya sidang istbat nikah ini menjadi solusi bagi warga yang belum memiliki buku nikah bisa mendapatkan buku nikah dan dapat mengurus administrasi kependudukan lainnya.

"Yang jelas saya minta setelah sidang, buku nikah harus langsung diberikan, dan untuk sisanya yang belum secepatnya akan kita lakukan, hingga masyarakat yang sudah sah menikah menurut agama, harus juga mendapatkan buku nikah," katanya.

Ketua Pengadilan Agama Kayuagung, Drs. Ikhsan, S. H, M. H mengatakan bahwa dirinya merasa senang dan mengucapkan selamat, karena dapat mengikuti program sidang isbat nikah ini, dan gratis karena segala biaya telah di tanggung oleh Pemkab Ogan Ilir.

"Karena ketika setelah menikah, buku nikah itu sangat penting, mulai dari pengurusan akte kelahiran anak bahkan sampai ke pengurusan ahli waris," kata Ikhsan.

Kepala Disdukcapil OI, Akhmad Lutfi, S.Sos,M.Si mengatakan bahwa antusias warga mengikuti sidang istbat nikah ini. Terbukti dengan jumlah pendaftatan sekarang telah mencapai 868 pasang, namun pada tahun 2018 ini akan dilangsungkan sebanyak 300 pasang.

"Jum'at ini tanggal 6 april kita sidangkan 100 pasang, sisanya 200 pasang pada tanggal 13 dan 20 april nanti, sisanya akan kita anggarkan pada APBD-P atau di 2019," kata Akh Lutfi. (Goni)
Bupati OI saat berbincang dengan peserta istbat nikah

Tags: ,