Menikah 31 Tahun Silam, Terbantu dengan Program Istbat Nikah

SENANG : Zuhdi dan Nurma, melempar senyum saat dibincangi awak media disela-sela acara sidang istbat nikah, kemarin. (Foto : Goni)
Pendaftar Sidang Istbat Nikah Membeludak

Indralaya Radio - Pemerintah kabupaten Ogan Ilir (OI), melalui Dinas kependudukan dan pencatatan sipil OI telah melangsungkan sidang istbat 100 pasang, yang mana bekerja sama dengan Kemenag OI dan Pengadilan Agama Kayuagung.

Istbat nikah sendiri berjalan lancar, yang dilangsungkan di gedung serbaguna Pemda Lama, Jum'at (06/04). Dari 100 pasang peserta tersebut, 89 pasang berasal dari kecamatan Pemulutan, sisa berasal dari kecamatan Indralaya Utara 11 pasang.

Salah satu peserta istbat nikah asal desa Pemulutan Ilir, Zuhdi (59) dan istrinya Nurma (48), begitu bersyukur dengan adanya program istbat nikah ini.

"Pertama untuk anak sekolah, agar dapat mengurusi surat-surat lainnya, untuk keluar kota juga penting, harus ada buku nikah, misalnya umroh bahkan pergi haji," kata Zuhdi saat dibincangi awak media yang didampingi istrinya.

Mereka menikah, lanjut Zuhdi, sudah 31 tahun silam, namun belum memiliki buku nikah, namun dengan adanya program pemerintah ini, dirinya merasa terbantu untuk dapat memiliki buku nikah.

"Senang sekali saya, yang jelas ini perlu dan semestinya diadakan setiap tahun, pokoknyo hebat, karena dapat membantu warga yang kurang mampu untuk memiliki buku nikah," lanjut Zuhdi didampingi istrinya.

Kadisdukcapil OI, Akh Lutfi, S.Sos,M.Si mengatakan bahwa seluruhnya 300 pasang, diselenggarakan pada tanggal 6, 13, dan 20 April 2018. "Antusias warga begitu besar, terbukti dengan jumlah pendaftar yang masuk sudah 868 pasang, namun sisanya akan kita anggarkan kembali di APBD-P atau di tahun 2019," kata Akh Lutfi.

Bupati Ogan Ilir, H. M. Ilyas Panji Alam menyampaikan bahwa nantinya, pemerintah akan terus menggelar sidang istbat nikah ini. "Kita harapkan nantinya, seluruh pasangan yang sudah sah menikah secara agama namun belum memiliki buku nikah di Ogan Ilir dapat mengikuti sidang istbat ini," kata Bupati. (Goni)
Tags: ,