Pekan Depan BNNK OI Lakukan Tes Urine Kepada Kades & Camat Se-Kabupaten Ogan Ilir

BNNK Ogan Ilir melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat kembali melaksanakan kegiatan pengembangan kapasitas P4GN di Instansi Pemerintah, bertempat di Aula RM.PAS Indralaya, Kamis (11/04). Pada kegiatan kali ini, BNNK Ogan Ilir melatih dan membina masyarakat anti narkoba dengan mengembangkan kapasitas P4GN bagi seluruh Camat yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Seluruh Camat ini diedukasi dan dibina untuk memutus mata rantai peredaran narkoba, melalui kegiatan ini seluruh camat diharapkan untuk menyampaikan edukasi kepada seluruh Kepala Desa/Lurah dan membentuk masyarakat anti narkoba.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Ogan Ilir yang diwakilkan oleh Ardha Munir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang diwakilkan oleh Edi Demang Jaya, Kepala BNNK Ogan Ilir AKBP.Abdul Rachman,S.T, Seluruh Camat dari 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir.

Ardha Munir yang mewakili Sekretaris Daerah Ogan Ilir mengatakan bahwa tugas BNNK Ogan Ilir ini ada tiga yaitu pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi. Sedangkan pada bidang pencegahan dan rehabilitasi itu harus disupport oleh pemerintah daerah. Pemerintah Ogan Ilir siap bersinergi dalam pembangunan gedung BNN Kabupaten Ogan Ilir yang rencananya berlokasi di Cinta Manis atau di wilayah Kecamatan Indralaya Utara.

"Ya, memang untuk pemberantasan narkoba ini harus dilakukan bersama-sama yaitu sinergi antara Pemerintah Daerah Ogan Ilir dengan BNN Kabupaten Ogan Ilir" Pungkasnya.

Kepala BNNK Ogan Ilir AKBP.Abdul Rachman,S.T menyampaikan bahwa camat adalah unsur terdepan dari pemerintah daerah yang bersentuhan dengan masyarakat. Dengan hadirnya seluruh Camat ini diharapkan adanya peran serta pemerintah daerah dalam rangka sosialisasi P4GN pada masing-masing kecamatan dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa sekarang sudah ada anggaran dari pemerintah untuk pengobatan bagi para pecandu narkoba. Abdul Rachman pun mengatakan  dalam rangka menciptakan unsur pemerintah daerah yang bebas narkoba, pekan depan akan dilakukan tes urine secara keseluruhan bagi seluruh personel pemerintah tingkat Desa/Lurah dan Camat.

"Kedepannya BNNK Ogan Ilir akan memilih Duta Narkoba di Bumi Caram Seguguk yang akan berperan aktif dalam kegiatan P4GN. Rencanannya pekan depan akan dilakukan tes urine kepada seluruh personel pemerintah daerah yang merupakan ujung terdepan dalam rangka pembangunan, itu secara keseluruhan pada tingkat desa/lurah dan kecamatan" Jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ogan Ilir melalui Kepala Bidang Pemdes Edi Demang jaya mengatakan bahwa peran camat dan peran kepala desa serta peran lurah harus bersinergi dalam memberantas narkoba yang ada di wilayah masing-masing. Memang harus melibatkan setiap stakeholder pada setiap daerah seperti melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan P4GN.

"Ya, nanti kita akan berkerjasama dengan seluruh stakeholder dalam melaksanakan sosialisasi P4GN pada setiap kecamatan" Tutupnya.





Tags: ,