Test Urine Tahap Awal, BNNK OI Kirim Oknum Kades Ke Rumah Rehabilitasi


Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ogan Ilir melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melalui Test Urine di Lingkungan Pemerintah. Pada tahap awal ini yaitu pada Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara dan Indralaya Selatan. 

Sebanyak 46 orang Kepala Desa, 3 Lurah dan 3 Camat dari Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara dan Indralaya Selatan diambil sample urine guna mengikuti program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh BNN Kabupaten Ogan Ilir. Senin, (23/4) di Kantor Camat Indralaya.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Ogan Ilir, Andi Kurniawan menyampaikan sebaik apapun pembangunan suatu daerah manakala masyarakatnya tidak mampu menolak narkoba maka semuanya akan sia-sia. Dirinya mengatakan bahwa tidak hanya kepala desa, lurah dan camat di Kecamatan inderalaya, Indralaya Utara dan Indralaya Selatan ini saja yang diambil sample urine, akan tetapi setelah ini seluruh Kades/Lurah dan Camat se-Kabupaten Ogan Ilir akan menjalani hal serupa.

Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Test Urine ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ogan Ilir dan BNN Kabupaten Ogan Ilir. Pengambilan sample urine selanjutnya akan dilaksanakan untuk Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat, Pemulutan Selatan yaitu pada 25 April 2018 di Kantor Camat Pemulutan. Kemudian dilanjutkan Kecamatan Tanjung Raja, Kandis, Rantau Alai, Rantau Panjang dan Sungai Pinang pada 7 Mei 2018 di Kantor Camat Tanjung Raja. Selanjutnya Kecamatan Muara Kuang, Rambang Kuang Lubuk Keliat pada 8 Mei 2018 di Kantor Camat Muara Kuang. Kemudian Kecamatan Tanjung Batu dan Payaraman pada 9 Mei 2018 di Kantor Camat Tanjung Batu.

Kepala BNN Kabupaten Ogan Ilir AKBP.Abdul Rachman,S.T menyampaikan bahwa kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melalui Test Urine di Lingkungan Pemerintah ini akan dilaksanakan pada 256 Desa/Kelurahan dan 16 Kecamatan se-Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan aparatur pemerintahan yang bebas dari jeratan narkoba karena kalau sudah terjerat narkoba bisa dipastikan pembangunan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir ini tidak akan terealisasi secara maksimal.

"Ya, untuk hasil pada Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara dan Indralaya Selatan ini baru ada 1 Kepala Desa yang terindikasi memakai narkoba jenis sabu, ini sudah kami proses dan sudah kami kirim ke panti rehabilitasi. Tes Urine selanjutnya akan kami laksanakan se-Kecamatan yang belum kami laksanakan" Ungkapnya.



Tags: ,