BNNK OI Test Urine Kades/Lurah Se-Kecamatan Muara Kuang, Lubuk Keliat Dan Rambang Kuang


Petugas BNNK OI Saat Periksa Urine Disaksikan Langsung Oleh Kades/Lurah, Jum'at (11/05)
Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir sangat serius dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Bumi Caram Seguguk, maka dari itu Pemkab OI bekerjasama dengan BNNK Ogan Ilir dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) untuk mewujudkan masyarakat anti narkoba.

Menindaklanjuti kerjasama tersebut, BNNK OI laksanakan Test Urine bagi seluruh Camat dan kepala Desa yang ada di Bumi Caram Seguguk melalui program pemberdayaan masyarakat anti narkoba. Kegiatan pengambilan sample urine pada kali ini yaitu bagi 3 Kecamatan yaitu Muara Kuang, Lubuk Keliat dan Kecamatan Rambang Kuang.

Kegiatan Test Urine tersebut merupakan kegiatan ke-5 yang dilaksanakan oleh BNNK OI pada wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan dipusatkan di Kantor Camat Muara Kuang, Jum'at (11/05). Berdasarkan pantauan di lapangan, sebanyak 33 Kepala Desa dan 1 Lurah serta 3 Camat satu-persatu diberikan tabung kecil dan diarahkan ke toilet untuk diambil sample air seninya guna diperiksa langsung petugas BNNK OI. Hasilnya langsung dilihat oleh para Kades/Lurah dan petugas yang memeriksa.  

Hasil pemeriksaan sample urine para aparatur pemerintahan pada Kecamatan Muara Kuang, Lubuk Keliat dan Rambang Kuang dinyatakan negatif mengkonsumi narkotika. Dengan adanya giat ini diharapkan seluruh Kades/Lurah dan Camat di Ogan Ilir harus bersih dari penyalahgunaan narkoba dan dapat berperan aktif dalam program P4GN untuk mewujudkan kabupaten yang bebas dari jeratan narkoba.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Staff Bidang Pemerintahan Desa Abdur Rauf menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir sangat serius dalam pemberantasan narkoba, maka dari itu Kades/Lurah sebagai supervisor dalam pembangunan di Desa harus bersih dari narkoba.

"Untuk itu kami berharap agar Kades/Lurah harus bersih dari narkoba dan berperan aktif dalam sosialisasi kepada masyarakat tentang program P4GN" Ungkapnya.

Kepala BNNK Ogan Ilir melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Andi Kurniawan menyampaikan bahwa pelaksanaan Test Urine ini adalah sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama program P4GN antara BNNK OI dan Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa Pemkab OI. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Ogan Ilir sebagai Kabupaten yang bebas dari jeratan narkoba.

"Hari ini adalah wujud nyatanya kita laksanakan giat pemberdayaan masyarakat anti narkoba melalui test urine, ini semata-mata untuk kepentingan kita bersama bahwa aparatur di wilayah Ogan Ilir ini bersih dari penyalahgunaan narkoba" Jelasnya.


Salah Satu Kades Saksikan Langsung Proses Pemeriksaan Sample Urine, Jum'at (11/05)

Tags: ,