Pemkab OI Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

BANTU KORBAN : Nenek Indri saat menerima bantuan dari Bupati OI, H. M. Ilyas Panji Alam. (Foto : Goni)
Indralaya Radio - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir mengambil langkah cepat terhadap korban musibah kebakaran yang menimpa 6 rumah di dusun 2 desa Tanjung Mas, kecamatan Rantau Alai, Ogan Ilir.

Bupati OI, H. M. Ilyas Panji Alam bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait, seperti BPBD OI, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Disdukcapil OI, Baznas OI, dan OPD lainnya langsung kelapangan meninjau dan memberikan bantuan kepada korban kebarakan yang menyebabkan 30 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Bantuan tersebut diberikan kepada korban musibah kebakaran, yakni yakni Indri (70) dan Lis Sandora (42) yang merupakan satu rumah, M. Nasir (60), Yusroh (60) serta rumah Muslim (60) yang dibawahnya ditempat anaknya Yanto (38), yang membuka usaha warung manisan.

Selain 4 rumah terbakar, dua rumah lainnya terbakar dinding samping, yakni rumah Rafik (41) dan Sayadi (60) yang berada diantara empat rumah yang habis terbakar.

Penyerahan bantuan sendiri diserahkan langsung oleh Bupati OI, H. M. Ilyas Panji Alam, di posko kebakaran disamping lokasi kebakaran, selasa (22/05) kepada 8 kepala keluarga korban kebakaran. Turut hadir anggota DPRD OI, Azmi Ahadi, para asisten, camat Rantau Alai, Kapolsek Rantau Alai dan ratusan warga yang turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut.

Bupati Ogan Ilir, H. M. Ilyas Panji Alam mengatakan, bahwa pihaknya sangat menyayangkan kejadian musibah ini karena terjadi kelalaian, dirinya berharap agar bantuan yang sudah disalurkan menjadi bermanfaat dan dirinya berpesan agar selalu waspada dalam meninggalkan rumah.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam meninggalkan rumah, kedepan juga kita akan menyiapkam dana yang sifatnya insidentil sehingga bermanfaat bagi masyarakat, namun yang jelas kita mengingatkan kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran," kata Bupati.

Camat Rantau Alai, A. Syarnubi, S.Pd mengatakan bahwa dirinya mendapat laporan dari kepala desa dan langsung ke TKP, kemudian menghubungi pemadam kebakaran baik dari Pemkab OI, BPBD OI dan dari PTPN 7 Cinta Manis sehingga dapat memadamkan api dan selanjutnya dirinya melaporkan kejadian tersebut kepada Sekda OI.

"Alhamdulillah ada 6 mobil damkar yang turut memadamkan api, kemudian kita laporkan kepada Pak Sekda bahwa 4 rumah hangus terbakar, dan 2 lainnya hangus sebagian, dan diperkirakan kerugian mencapai 650 juta rupiah," kata Syarnubi.

Kepala Desa Tanjung Mas, Suhaimi mengatakan bahwa api berawal dari rumah ibu Indriyani, yang diduga korsleting listrik yang mana para korban sekarang diungsikan kerumah kerabat korban yang terdekat.

"Kira-kira satu jam dari awal kejadian langsung menghabiskan empat rumah, dan kami harap selaku pemerintah desa, untuk sama-sama membantu korban kebakaran ini agar tempat tinggalnya yang terbakar dapat dibangun dan ditempati kembali," harap Suhaimi.

Bupati OI menyerahkan bantuan dari Baznas OI senilai 10 juta rupiah bagi 4 kepala keluawarga yang rumahnya hangus dan 5 juta rupiaj bagi 2 kepala keluarga yang rumahnya hangus sebagian, juga Bupati OI menyerahkan obat-obatan dari Dinas kesehatan, perlengkapan rumah tangga dari BPBD OI dan bantuan sembako dari Dinas Sosial. (Gon)
Bupati OI, H. M. Ilyas Panji Alam saat melihat lokasi kebakaran di dusun 2 desa Tanjung Mas

Tags: ,