Bapenda Ogan Ilir Menggelar Bulan Bhakti Pelunasan PBB P2

TERIMA PENGHARGAAN : Sekda OI, H. Herman,SH, M.M beserta pejabat lainnya berfoto besama 10 camat yang mendapat penghargaan pada bulan bhakti pelunasan PBB P2. (Foto : Goni)
Sekda Meminta Kades dan Lurah untuk Mendata Objek Pajak PBB Baru


Indralaya Radio - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar peringatan bulan bhakti pelunasan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2).

Dalam acara yang digelar di Gedung serbaguna Pemkab OI di Tanjung Senai, Rabu (08/08). Dalam acara diawali pembayaran PBB P2 oleh Sekda OI, H. Herman, S.H,M.M yang mewakili Bupati OI, H. M. Ilyas Panji Alam, pembukaan pelunasan PBB P2 juga ditandai dengan pemukulan Gong oleh Sekda OI.

Kepala Bapenda OI, Desi Rahmawati,SH, MH melalui Kabid PBB, Jajang Hadi, S.E mengatakan bahwa PBB P2 yang dibayarkan oleh masyarakat akan masuk ke kas daerah, guna membiayai pembangunan daerah.

"Dengan optimalnya penerimaan PBB P2 ini, maka akan meningkatkan jumlah PAD Ogan Ilir, dan tahun 2018 ini ditargetkan sebesar 5 miliar rupiah," katanya.

Sekretaris Daerah OI, H. Herman,S.H,M.M mengajak para camat dan kepala desa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Dengan diberikannya penghargaan kepada 10 camat yang realisasi pembayaran PBB tertinggi, dengan ini, Sekda berharap dapat menjadi contoh bagi kecamatan lain, untuk mengoptimalkan PBB ini.

"Juga kami meminta kepada kepala desa dan lurah untuk mendata objek-objek pajak PBB baru yang ada diwilayahnya, mungkin ada perumahan dan warga yang baru membangun, sehingga dapat meingkatkan target penerimaan PBB," jelas Sekda.

Dalam kesempatan itu juga diberikan kepada 10 kecamatan yang realisasi dan partisipasi dalam membayar PBB tertinggi, yakni kecamatan Rambang Kuang, Indralaya Utara, Lubuk Keliat, Payaraman dan Muara Kuang, serta kecamatan Sungai Pinang, Tanjung Raja, Pemulutan, Indralaya Selatan serta kecamatan Tanjung Batu.

Masyarakata dapat membayar PBB melalui kantor Pos dan Bank Sumsel Babel di seluruh Ogan Ilir. Kepala Bank Sumsel Babel cabang Indralaya, Ahmad Azhari mengatakan bahwa bank Sumsel Babel siap melayani masyarakat Ogan Ilir yang akan membayar PBB P2 ini melalui kantor pelayanan Bank Sumsel Babel yang ada di Ogan Ilir, baik itu kantor cabang, dan kantor cabang pembantu.

"Masyarakat juga bisa membayar secara online, baik itu melalui ATM dan SMS Banking, hal ini guna memudahkan masyarakat membayar pajak, kami juga nantinya akan jemput bola melalui kantor pelayanan yang ada, guna mengakomodir masyarakat yang akan membayar pajak," ujarnya.

Dalam acara itu juga hadir para camat, kepala desa dan perwakilan perangkat desa, juga Sekda OI, Kepala Bapenda OI, Kepala KPP Pratama Kayuagung, Kepala Bank Sumsel Babel, Ketua MUI serta tamu undangan. (Oni)
Sekda OI saat melakukan Pembayaran PBB P2 perdana di Ogan Ilir

Tags: ,