Warga Gotong Royong, Dapat Laporan Baznas OI Langsung Turun Ke Lapangan

SALURKAN BANTUAN : Para Pimpinan Baznas OI saat foto bersama korban kebakaran usai menerima bantuan. (Foto : Goni)
Baznas Ogan Ilir Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Indralaya Radio - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Ilir terus menyalurkan zakat dan infak dari para PNS dan masyarakat Ogan Ilir kepada yang berhak menerimanya.

Seperti yang dilakukan Baznas OI, Selasa (14/08) di kelurahan Tanjung Batu Timur, Lingkungan 1, RT 05. Baznas Ogan Ilir memberikan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi di sana.

Kebakaran yang terjadi pada Senin, (13/08) itu menghabiskan 2 rumah warga yakni rumah Hoirullah (49), dan rumah Fahrobi (41). Rumah kakak beradik ini habis dilalap si jago merah.

Selain dua rumah habis terbakar, dua rumah lainnya rusak ringan, yakni milik Firdaus (44), yang rusak dibagikan dapur yang berada disamping kanan rumah Hoirullah, serta rumah Hj. Howinah yang berada didepan rumah Hoirullah.

Kebakaran yang diduga dipicu karena korsleting listrik ini membuat dua KK kehilangan tempat tinggal. Dua mobil damkar ikut membantu memadamkan api saat kejadian naas itu terjadi.

Hoirullah, warga yang rumahnya terbakar mengatakan, bahwa pada Minggu malam hujan deras disertai angin, membuat atap rumahnya yang terbuat dari seng itu lepas dan air merembes masuk kerumahnya.

"Jadi rumah kami ini basah pak malam itu, tapi kami tidak menaruh kecurigaan dengan kabal yang korsleting tersebut," katanya.

Hoirullah menambahkan, bahwa saat kebakaran, rumah dalam keadaan kosong, karena seluruh anggota keluarga sedang beraktifitas. Api sendiri dipadamkan warga dengan alat seadanya dibantu juga oleh dua mobil pemadam kebakaran kabupaten Ogan Ilir.

"Dari tempat kami begawe itu, asapnyo teliat, kami susul kami Kito di lapangan bola, ruponyo bukan, kami dekati ruponyo diarahkan laut ini, langsung dalam hati ngiri lalu rumah kami, pas datang, tau tau sudah habis rato. Dan dengan bantuan dari Baznas ini kami ucapkan terima kasih, kami mohon dimaklumi ketika dapat musibah, bantuan yang ada kami terima, dan kami terbantu sekali," terangnya.

Lurah Tanjung Batu Timur, Hasan Basri,S.Ip mengatakan, setelah kejadian, pihak kelurahan langsung melayangkan surat pemberitahuan kepada camat, dan langsung membentuk tim pengumpul dana yang terdiri dari masyarakat dan mahasiswa KKN, dan hasil yang ada guna mendirikan kembali rumah korban kebakaran ini.

"Sekarang sudah dana lebih dari 13 juta rupiah, itu merupakan hasil dari bantuan warga dan kami juga membuat posko di simpang 4 Tanjung Batu. Kemudian dari dana yang ada, sementara kami berikan. 3,2 juta rupiah untuk kedua korban ini untuk keperluan sehari-hari. Dan bangga dengan Baznas karena laporan yang kami masukkan langsung ditanggapi dan memberikan bantuan, kami juga berharap sabar kepada korban, karena pihak kelurahan dan panitia terus berupaya untuk membangun kembali kediaman yang terbakar ini, hingga dapat ditempati kembali," jelasnya.

Wakil ketua 2 bidang Distribusi Baznas OI, Periyanto,S.Pd mengatakan, bahwa pihaknya mendapat laporan warga dan juga lurah Tanjung Batu Timur, bahwa didaerahnya terjadi kebakaran yang menghanguskan 2 rumah dan dua rumah lainnya rusak ringan.

"Untuk dua korban yang rumahnya habis terbakar, kami berikan bantuan masing-masing 7,5 juta rupiah, kemudian rumah Firdaus yang dapurnya terbakar kami bantu 2,5 juta rupiah, dan Ibu Hj. Howiyah kami bantu 1,5 juta. Dan semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk membangun kembali rumah mereka, dan kami juga salut melihat kekompakan dari warga yang bergotong royong membangun kembali rumah korban," ujarnya. (Oni)
Tags: ,