Peringati HKN Ke 54, Pemkab OI Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dari Diri Sendiri

GUNTING BALON : Bupati OI beserta Ketua TP PKK OI, saat melakukan pelepasan balon pada acara HKN ke 54 tahun 2018. (Foto : Goni)

Launching "BISA", Bersih Sampah, Sanitasi dan  Air Minum Aman

Indralaya Radio - Pemerintah kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Kesehatan Menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Tahun 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan di lapangan bola Tanjung Raja, Senin 12 November 2018, dalam kegiatan itu juga diberijan Sertifikat Akreditasi Puskesmas, penghargaan dokter teladan, dokter gigi teladan, bidan teladan, perawat teladan, petugas gizi teladan, petugas laboratorium teladan, dan petugas kefarmasian teladan.

Dalam acara itu juga di hadiri oleh Ketua TP PKK OI, Sekda OI, Kapolres OI, Anggota DPRD OI, para kepala OPD Pemkab OI, para tenaga kesehatan se Ogan Ilir, mulai dari dokter, bidan, perawat dan juga para camat serta kades.

Dalam acara itu juga diadakan penanda tanganan kesepakatan atau MoU, kerjasama antara pemkab OI dalam hal ini Dinas Kesehatan dengan PLN, Baznas OI serta Bupati OI melaunching gerakan "BISA" bersih sampa, sanitasi dan air minum aman.

Baznas OI juga memberikan bantuan sebuah jamban sehat kepada warga Tanjung Raja yang kurang mampu, juga diberikan penghargaan kepada pelaku PHBS, Posyandu balita, posyandu lansia, kader kesehatan teladan, serta diberikan bantuan mesin jahit dan obras kepada pelaku usaha jahit di kecamatan Tanjung Raja.
Ketua Baznas OI, KH. Muhyidin, M.A ikut menandatangani spanduk, tanda dilaunchingnya gerakan BISA.
Bupati Ogan Ilir, H. M. Ilyas Panji Alam saat menjadi inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan, HKN tahun 2018 mengambil tema Aku Cinta Sehat, dengan subtema "hidup sehat mulai dari kita".

"Kesehatan dimulai dari kita, maksudnya kesehatan dengan pendekatan keluarga, kesadaran, kemauan dan kemampuan dalam membudayakan hidup bersih dan sehat, hal ini juga sebagai momentum untuk menyuarakan hidup sehat, agar terwujud derajat kesehatan setinggi-tingginya," katanya.

Lebih lanjut, dalam amanatnya, Bupati mengatakan masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan bangsa, dirinya berharap agar masyarakat agar membiasakan diri, melakukan aktifitas fisik, menjaga kebersihan lingkungan, dan terus mengupayakan dan menggalakkan pola hidup bersih dan sehat.

"Dengan penuh semangat dan suka cita untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat atau germas secara berkesinambungan, sehingga dapat menjadi contoh bagi kabupaten kota lain di Sumatera Selatan," pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir, Dr. Nurharlinah, M.Kes mengatakan bahwa HKN ke 54 tahun 2018 bertema Hidup Sehat mulai dari Kita, dengan harapan agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dimulai dari dirinya sendiri, dan akhirnya dapat memberikan contoh kepada yang lain.

"Ada banyak hal yang kita tekankan dalam menerapkan hidup bersih dan sehat mulai BAB di jamban yang sehat, serta meningkatkan pola hidup di berbagai aktifitas kehidupan," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ogan Ilir, H. M. Ilyas Panji Alam, beserta ketua TP PKK Ogan Ilir, Hj. Meli Mustika meninjau kegiatan pengobatan gratis, pelayanan KB gratis, dan kegiatan donor darah dan lomba mewarnai tingkat TK. (Gon)
Ketua TP PKK OI, Hj. Meli Mustika saat memberikan hadiah pemenang lomba menggambar tingkat TK.
Tags: ,