Sarasehan dan Sosialisasi Baznas OI, Ajak Pemerintah Desa Bentuk UPZ

SOSIALISASI : Suasana Sosialisasi Baznas OI, di Aula kantor Camat Indralaya, Rabu (14/11). (Foto : Goni)
Rahmini : Kita akan Bentuk Tim untuk Mendukung Pemerintah Desa Membentuk UPZ

Indralaya Radio - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Ogan Ilir menggelar sarasehan dan sosialisasi zakat, infak dan sadaqoh di kecamatan Indralaya bersama kepala desa/lurah, ulama dan tokoh masyarakat se kecamatan Indralaya.

Kegiatan yang diikuti puluhan undangan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Ogan Ilir, KH. Muhyidin, M.A didampingi oleh wakil ketua 2 bidang distribusi, Periyanto, S.Pd, Kepala bagian Hukum setda OI, Ardha Munir, S.H,M.Hum serta Camat Indralaya, Rahmini, S.S, M. Si, di aula kantor camat Indralaya, Rabu (14/11).

Ketua Baznas OI, KH. Muhyidin, M.A saat memberikan materi mengatakan bahwa Baznas OI menyalurkan zakat dan onfak dari para ASN di lingkungan Pemkab OI kedalam 6 program, yakni program Ogan Ilir cerdas, Ogan Ilir Sejahtera, Ogan Ilir Sehat, Ogan Ilir Peduli, Ogan Ilir Taqwa dan Ogan Ilir Makmur.

"Untuk yang belum berjalan ditahun 2018 ini yakni program bedah rumah, kedepan kami berharap program ini segera akan dijalankan dengan rekomendasi dari pemerintah desa, dengan syarat rumah yang akan dibedah tanahnya milik sendiri, kita juga telah bekerja sama dengan Dinas kesehatan untuk pembuatan jamban Sehat, tahun ini ada 20 jamban sehat yang akan kita buat," katanya.

Lebih lanjut, KH. Muhyidin, M.A mengatakan bahwa pihaknya optimis setelah Perda zakat nantinya disahkan, potensi zakat yang terkumpul akan lebih banyak, dan juga pendistribusiannya.

"Kami optimis, warga yang sudah wajib zakat di Ogan Ilir, semuanya menyalurkan zakatnya melalui baznas, bisa saja mencapai angka satu miliar rupiah perbulan, karena dari ASN saj sekarang, Baznas mengumpulkan dan menyalurkan dana zakat dan infak diatas 300 juta rupiah setiap bulannya, sehinggal dengan adanya perda zakat, maka dampaknya akan sangat luas bagi masyarakat," kata KH. Muhyidin.

Kepala bagian Hukum Setda OI, Ardha Munir, S.H,M.Hum mengatakan bahwa Baznas Ogan Ilir telah dilantik oleh Bupati Ogan Ilir dengan peraturan Bupati, maka Baznas OI bertanggung jawab dengan Bupati, dan membantu program Bupati dalam mensejahterakan warga Ogan Ilir.

"Kalau untuk sekarang, Baznas menjalankan peraturan Bupati OI, sehingga mereka sekarang menyalurkan zakat dan infak dari ASN Pemkab OI, dan kedepan kita sedang mengupayakan untuk pembuatan Perda, ketika perda keluar nantinya, seluruh warga Ogan Ilir harus menyalurkan zakat dan infak melalui Baznas Ogan Ilir, yang mana Baznas OI nantinya akan membentuk Unit Pengumpul Zakat di setiap desa," terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, bahwa Pemkab OI sedang mengusulkan Perda, dan sekarang sedang dibahas di DPRD OI, dan sementara masih menggunakan peraturan bupati, sehingga zakat dan infak yang dikumpulkan baru kepada ASN Pemkab OI.

"Harapan kami kedepan, dengan nanti sudah terbentuknya Perda Zakat ini, Kita akan lakukan pemungutan zakat warga yang berdomisili yang beragama Islam di Ogan Ilir, baik itu karyawan, Polisi, kejaksaan, DPRD, dan semua instansi, semua masyarakat Ogan Ilir nantinya akan menyetorkan Zakatnya melalui Baznas melalui UPZ, baik itu zakat harta, perniagaan, peternakan, dan Baznas mempertanggungjawabkannya kepada Bupati untuk zakat ASN, dan zakat masyarakat dipertanggungkawabkan kepada Baznas Provinsi," jelas Ardha.
Ketua Baznas OI, KH. Muhyidin, M. A saat menjelaskan program Baznas OI.
Camat Indralaya, Rahmini,S.S.M.Si, akan berupaya mendukung segala program Baznas Ogan Ilir bagi warga kecamatan Indralaya, pihaknya akan membentuk tim, dengan tujuan agar UPZ didesa dan kelurahan yang ada di Indralaya segera terbentuk dan bekerja.

"Kami dari pemerintah kecamatan nantinya akan bekerja sama dengan lurah dan kepala desa, sehingga nantinya siapa saja yang akan berzakat dan berinfak disalurkan ke UPZ tersebut, dengan harapan nantinya dapat semaksimal mungkin menyalurkan zakat yang nantinya masuk ke UPZ untuk memberikan manfaat kepada masyarakat," kata Rahmini. (Gon)
Tags: ,