Rif'at Mendapat Program Bedah Rumah dari Baznas Ogan Ilir

MEMPRIHATINKAN : Kondisi rumah yang biasa ditempati Rif'at untuk tidur. (Foto : Goni)
Indralaya Radio - Memprihatinkan, kondisi ini yang dialami oleh Rif'at (57), seorang buruh harian lepas yang kini harus tinggal di antara tiang rumah miliknya di Jalan Lintas Timur, KM. 37 kelurahan Indralaya, kecamatan Indralaya, Ogan Ilir yang ambruk sekitar 4 bulan lalu.

Hanya beratap seng yang di balut dengan terpal, tanpa adanya dinding sudah pasti tidak layak dikatakan sebuah tempat tinggal.

Atas dasar inilah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) OI akan melaksanakan program bedah rumah terhadap rumah Rif'at yang kondisinya sudah tidak layak.

Hal ini di jelaskan oleh Ketua Baznas OI, KH. Muhyidin,M.A disaat kunjungan dan survey langsung ke lokasi rumah yang akan dibedah. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari lurah Indralaya, kemudian langsung di survey ke lapangan, dan benar didapati kondisinya memprihatinkan.

"Kita akan lihat pengajuan yang nanti akan masuk, yang jelas nanti akan kita bantu, karena melihat kondisi yang ada rumah pak Rif'at ini kondisinya sangat-sangat tidak layak," katanya.

KH. Muhyidin melanjutkan, bahwa pihaknya nanti akan mendrop bahan bangunan sesuai dengan kebutuhan sehingga rumah Rif'at menjadi layak huni.

"Di tahun 2018 ini, belum pernah diadakan program bedah rumah, dan ini menjadi warga Ogan Ilir pertama yang akan menerima program bedah rumah dari Baznad OI, dan semoga menjadi pilot project untuk menjalankan program ini ditahun depan", pungkasnya.
Ketua Baznas OI, KH. Muhyidin, M.A saat meninjau keadaan rumah Rif'at.
Sementara, Rif'at mengatakan bahwa dirinya menjalani kondisi ini sudah kurang lebih 5 bulan, berawal dari rumahnya yang roboh karena kena terpaan angin.

"Kemaren itu, rumah kayu, roboh keno angin, sekitar bulan september, kalo rumah ini ukurannyo 6 meter kali 8 setengah meter", katanya.

Rif'at menyebut bahwa dirinya juga pernah menerima bantuan sekita tahun 2012 lalu, namun berupa papan yang sudah dipakainya merehab rumah tersebut.

"Kalau kagek dapat bantuan, mungkin dulur-dulur aku ni lah yang gawekenyo, karno kami ni rato-rato tukang galo, dengan yang nak diberikan kagek, kami berterima kasih," katanya. (Gon)
Kondisi Kamar Mandi dan Toilet di rumah Bapak Rif'at
Tags: ,